top of page
Maneuver Radio
  • Writer's pictureAisyah Arini

Jejak Elvy Sukaesih: Membawa Dangdut hingga ke Negeri Sakura



Hai, Maneuvers! lo pasti udah pada denger kan kalo musik dangdut tuh udah merambah ke mana-mana, termasuk ke negeri sakura, Jepang! Nah, yang bikin seru, penyanyi dangdut kita, Elvy Sukaesih, adalah sosok pertama yang sukses memperkenalkan dangdut di sana!


Ceritanya dimulai dari lagunya yang berjudul "Bisik-Bisik Tetangga." Lagu ini bukan cuma diterima dengan baik, tapi juga membuka jalan bagi musik dangdut untuk masuk ke dalam budaya Jepang. Gimana nggak bangga, ya? Dangdut yang jadi identitas musik kita ternyata bisa diterima dengan hangat di luar negeri!


Kesuksesan Elvy Sukaesih nggak berhenti di situ.


Pada tahun 1991, dia diundang tampil di Tokyo Live Show, panggung internasional megah di Jepang. Bisa bayangin nggak, dari panggung-panggung kecil di Indonesia, trus sampai ke panggung besar di Jepang!

Ternyata, perjalanan Elvy Sukaesih di Jepang nggak berhenti di situ aja.


Pada tahun 1992, Elvy berkolaborasi dengan Rei Nakanishi, seorang pencipta lagu Jepang ternama, untuk menciptakan lagu khusus yang diberi judul "Koi no Fuga." Dan yang bikin heboh, pada tahun berikutnya, Elvy merilis versi Indonesia dari "Koi no Fuga" dengan judul "Jangan Kau Pergi." Lagu ini nggak cuma mengusung melodi dan irama dangdut, tapi juga lirik dalam Bahasa Indonesia, yang pastinya memperkaya budaya Indonesia di mata dunia.


Dengan semua pencapaiannya itu, Elvy Sukaesih layak dijuluki sebagai "Ratu Dangdut." Jejaknya dalam musik dangdut Indonesia nggak akan terhapus begitu aja.


Ini salah satu contoh bagaimana musik bisa menjadi jembatan budaya antarbangsa, Maneuvers!


Yuk, dukung terus musik dangdut Indonesia di kancah internasional!



2 views0 comments

Comments


bottom of page